PENGUKUHAN KAMPUNG SINGKONG KOTA SALATIGA

Kamis (30/09/2021), Dinas Pangan dan Pertanian dalam rangka Kegiatan Pengukuhan Kampung Singkong di Kota Salatiga. Salah satu inisiator adalah Bapak Yadi (Owner D9) Singkong Keju yang terletak di Jl. Argowiyoto No.8A, Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732. Pengukuhan dilakukan secara daring, atau lewat (zoom), dengan peresmian secara langsung oleh Bapak Menteri Pertanian.

Kota Salatiga sebagai kota tertoleransi dalam suku agama ras dan kota toleran dalam hal meningkatkan produk bahan baku mentah terutama mengolah Singkong menjadi aneka macam olahan rasa. Ada 150 varian olahan singkong yang sudah dibuat inovasinya di Kampung Salatiga. Singkong bisa tumbuh subur ditempat- tempat tertentu.

Walikota Salatiga, Wakil Walikota Salatiga, dan Ketua DPR Kota Salatiga dalam acara Pengukuhan Kampung Singkong di Kota Salatiga. Kamis (30/09/2021)


Kebutuhan singkong tahun 2020 di kota Salatiga sebesar 638 ton.
Ini merupakan multiplayer effect yang berimbas secara ekonomi bagi daerah-daerah penanam singkong.
Di empat (4) kecamatan di Kota Salatiga,sudah ada beberapa sentra olahan Singkong sebagai berikut :
Kauman kidul 20 kg
Tingkir 130 kg
Cebongan argomulyo 100
Ledok 8 ton

UMKM telah menyerap 110 orang dengan 32 UKM.

Selaras dengan misi Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga yaitu misi Kota Salatiga no 6 yaitu “Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berorientasi pada Usaha Menengah, Kecil dan Mikro”.
“Harapan kami kedepannya adalah lahir para petani millenial yang akan meningkatkan pengolahan makanan dan produksinya. Dan dari masing2 elemen bisa berkontribusi secara positif dalam perekonomian khususnya olahan singkong” kata nunuk selaku Kepala Dinas Pangan dan Pertanian dalam acara pembuka sambutan acara tersebut.

4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x